Cara menambah Kapasitas & Performa RAM Agar Tidak Lag dengan Swap RAM

Baca Juga!!!


Assalamualaikum wr. wb.
   Saat ini berbagai macam jenis dan merk android yang diciptakan para ptofesor :v, dan tentunya disertai dengan spesifikasi yang bagus, walaupun demikian, semua itu tidak bisa menjamin kinerja dan performa ram android yang bagus pula. Dan ini harus menjadi perhatian bagi para pengguna android. Sebenarnya ini tergantung fungsi untuk apa kita menggunakan android tersebut, jadi kalau spesifikasi android kita rendah sebaiknya gunakan dengan sewajarnya saja, dan jangan berlebihan karna ini bisa mempengaruhi prrforma ram.



   Perlu juga kita ketahui bahwa spesifikasi tiap-tiap android itu berbeda-beda, ada yang memiliki spesifikasi rendah dan ada juga yang tinggi, apalagi kalau android yang harganya terbilang murah, dan produknya merupakan produk lama. Nah untuk anda yang sudah terlanjur memiliki android yang spesifikasi rendah, jangan khawatir, karna kali ini saya akan membagikan tutorial menambah ram android dengan cara membuat virtual memory menggunakan metode swap.
   Mungkin diantara teman-teman pembaca ada yang kebingungan dan bertanya-tanya apa itu virtual memory dan apa itu swap? tenang saja disini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang itu semua.
-VIRTUAL MEMORY, sebuah sistem yang digunakan oleh sistem operasi untuk menggunakan sebagian dari Memori Sekunder yaitu SD Card, sifatnya seolah-olah ia menggunakannya sebagai memori internal. Sistem ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam SD Card yang disebut dengan swapfile.
-SWAP, secara bahasa, swap berarti tukar, di android, Swap berfungsi sebagai Virtual RAM dimana tugasnya menyimpan aplikasi yang berjalan di latarbelakang. Masih bingung? Lihat contoh!!!
* RAM 512MB Swap 256MB.
* Aplikasi aktif, facebook 50MB
* Pencet Home terus buka game 450MB otomatis facebook Jalan di latarbelakang
* Karena sisa ram gak cukup, maka facebook yg 50MB tadi otomatis masuk Ke SWAP.
* artinya masih ada sisa RAM yg kosong supaya dimaksimalkan oleh game tadi.
NB: Sebenarnya Swap bisa dilakukan bukan cuma di SDCARD aja, bisa juga di partisi /cache /data /system (untuk yang paham aja ya!!!). Sebelum menggunakan swap, baca kerugiannya dibawah!!! jadikan bahan pertimbangan, karna segala resiko ditanggung pemenang :v
* Bagaimanapun bentuk class dari SDCARD kalian, kemampuan R/W (read write/baca tulis) dibanding RAM sangat jauh ketinggalannya, contoh vgen yg biasa itu cuma 4MB/s. Efeknya akan berasa kalo manggil aplikasi yg sebelumnya kita gunakan, akan ada LAG/lemot beberapa detik karena aplikasi tsb berada di SWAP dan akan di pindahkan ke RAM. Sementara untuk kasus yg pake swap pake internal Memory /data /system /cache sedikit diuntungkan karena proses baca tulis lebih besar dari SD 14-20MB/s
* Swap memperpendek umur SDCARD/Internal, dikarenakan proses R/W yg konstant/terus menerus, di khawatirkan akan menurunkan umur dari tempat yg di jadikan swap tsb, hal ini dikarenakan SDCARD/Internal (SSD) punya batasan berapa kali dia bisa baca tulis (life cycle beda2), sebelum terkena bad sector. misalkan dari normalnya cuma 10 tahun jadi bisa 1 tahun atau bahkan 30 hari.
   Itulah sedikit penjelasan tentang Virtual Memory dan Swap, selanjutnya simak caranya dibawah ini.
PERHATIAN: "Mungkin ada banyak tutorial yang bertebaran di GOOGLE, tapi kenapa teman-teman perlu untuk mencoba ini, karna langkah-langkahnya begitu mudah dan kerjanya terbukti. Selain itu file ini memiliki banyak fitur, selain penghemat ram, ada juga penghemat Battery dll (bukan saya pembuatnya ya!)"

Cara menambah Kapasitas RAM Agar Tidak Lag dengan Swap RAM
Syarat:
* Sudah Terinstal TWRP/CWM Baca imi kalau belum tau instal TWRP/CWM
* Mental yamg kuat dan kemauan yang tinggi
Download Bahannya:

Eksekusi
* Silahkan perhatikan dan sediakan syarat serta bahannya!!!
* Download dan Instal BusyBox pro, buka dan tunggu sampai proses update-nya selesai.
* Pilih bagian "Instal Busybox", tunggu sampai instalasi selesai, kemudian tutup busybox pro-nya.
* Download file TWEAK.zip-nya, dan simpan di memori internal, biar kebih mudah mencarinya.
* Masuk ke Recovery Mode, klik Instal dan cari file TWEAK.zip yang sudah di download, kemudian pilih "swipe to instal", dan tunggu sampai ptoses Instalasinya berhasil.
* Kalau sudah berhasil, reboot android anda,
* Dengan menginstal file tadi, otomatis akan menginstal aplikasi "Universal Init.d" dan "Diskinfo".
* Buka aplikasi Universal Init.d, klik pada bagian "Activate", selanjutnya klik bagian "Verify" untuk cek apakah init.d sudah aktif.
* Langkah selanjutnya buka aplikasi Diskinfo, dan lihat dibagia bawah apabila terdapat "Swap" maka prosesnya sudah berhasil.
* Selesai, sekarang rasakan bedanya.

Baca Juga:

NB: Sebenarnya tutorial ini bisa digunakan tanpa melalui Rrcovery Mode, tapi saya hasilnya tudak akan sama. Tapi kalau ada yang mau mencoba silahkan!

* Dowload file TWEAK.zip-nya, ekstrack menggunakan aplikasi zarchiever atau semacamnya.
* Buka folder system dan copy semua file ketempatnya (saya harap anda sudah paham ini)
*Jangan lupa atur permissionnya (rw-r-r)
*Selesai
PERHATIAN: Jangan pernah lupa untu melakukan BackUp muammar23.blogspot.co.id/2018/02/cara-backup-semua-data-di-android.html?m=1 sebelum mengeksekusi file-filr yang ada di system. Apabila ada kendala, jangan malu untuk bertanya.

Sekian dulu tutorial untuk hari ini, nantikan tutorial-tutorial selanjutnya.
Terima Kasih.
Wassalam.


Di tulis oleh: Muammar


*Sumber: Dari berbagai sumber yang ada.

Comments

Berkomentarlah dengan bijak, Tanpa kekerasan dan tanpa link serta tidak spam.
Terima Kasih!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel