Cara manual Odex & Deodex Di Android Tanpa PC Dengan Apktool

Baca Juga!!!



Assalamualaikum wr, wb.
Terima kasih untuk kesekian kalinya, atas kunjugan teman-teman di blog ini, untuk melanjutkan postingan saya sebelumnya, kali ini saya mau share kepada teman-teman, tentang cara Odex & Deodex melalui android, dan pastinya tanpa PC, ini juga merupakan permintaan dari teman-teman yang mau belajar Modding.
Perlu kalian ketahui teman-teman bahwa Andoroid merupakan system operasi yang bersifat open source (terbuka) yang mana memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk memodifikasi tampilan android tersebut sesuka hati, nah untuk memaksimalkan hasil modifikasi tersebut, modder harus meperhatikan beberapa tahapan yang sangat penting, salah sarunya ini, Odex & Deodex.



Pengertian Odex & Deodex
Bagi teman-teman yang sudah sangat sering memodifikasi file-file system androidnya, pasti tidak asing lagi dengan istilah Odex & Deodex ini.
Dalam OS Android, paket aplikasi di android .apk berjalan dalam Android Dalvik Virtual Machine (VM). Paket aplikasi .apk ini mempunyai dua bagian yakni bagian yang menyimpan informasi system yang akan di load ke VM sebagai cache dan bagian yang berisi source code aplikasi yang akan digunakan untuk menjalankan perintah tertentu. Sehingga muncul dua pilihan untuk membuat sebuah paket aplikasi, yaitu memisahkan kedua bagian tersebut (disebut paket aplikasi odex), dan menyatukan kedua bagian tersebut (disebut paket aplikasi Deodex).
Kelebihan dan kekurangan Aplikasi Odex & Deodex
Keuntungan file Odex adalah pada saat proses booting, dimana dengan menggunakan aplikasi odex proses booting android terasa lebih cepat, tapi kekurangannya adalah, file aplikasi tersebut akan sulit untuk di modifikasi. sedangkan pada aplikasi deodex yaitu kebalikan dari file odex tadi, yaitu proses bioting terasa agak lama, tapi untuk memodifikasinya akan jauh lebih mudah.
Mungkin itulah sedikit gambaran tentang apa itu Odex & Deodex, untuk prnjelasan lebihdalam lagi silagkan search di GOOGLE, karna disini saya akan fokus membahas tentang cara Odex & Deodex.

Cara manual Odex & Deodex Di Android Tanpa PC Dengan Apktool
Yang harus teman-teman siapkan adalah:
* Android yang sudah di root, Belum root? Klik Disini
* boot.art & boot.oat (cari di root/system/framework/arm/disini)
* Aplikasi yang mau di eksekusi, misal SystemUI (cari di root/system/priv-app/systemui/disini ambil file SystemUI.apk dan SystemUI.odex)
* Apktool Download Disini
* Root Explorer Download Disini
* Jangan pernah lupa untuk melakukan BackUp

Baca Juga
Cara BackUP Semua Data Di Android Paling Mudah
Tutorial DC RC Paling Mudah Tanpa PC

EKSEKUSI
* Download dan instal Apktool dan Root Explorer, Buka Root Explorer dan buat sebuah folder dengan nama terserah, misal Project, letakkan di inrernal sdcard atau external juga boleh.
* Selanjutnya copy file boot.art & boot.oat dan paste ke folder project tadi, jangan lupa copy juga aplikasi SystrmUI.apk dan SystemUI.odex.
* Keluar dari Root Explorer dan buka Apktool, cari folder project tadi, buka folder tersebut kemudian klik pada file SystemUI.odex tadi, dan pilih "oat2dex"
* Tunggu sampai prosesnya selesai, ini akan memajan waktu yang agak lama, dan biasanya pada perangkat yang spesifikasinya masih lemah akan terjadi lag, tapi tenang itu bukanlah masalah.
* Setelah semua selesai, akan ada 2 folder baru bernama dex dan odex,
* Selanjutnya, klik lagi file SystemUI.odex, dan pilih "decompile", tunggu sampai prosesnya selesai dan akan ada folder baru bernama SystemUI_odex, klik folder SystemUI_odex tersebut dan pilih "recompile", kalo sudah selesai akan ada file bernama SystemUI.dex.
* Selanjutnya, klik file SystemUI.dex tersebut dan pilih "add to apkfifile with same name", pastikan file SystemUI.apk juga berada di dalam folder yang sama, kalo sudah selesai maka otomatis file SystemUI.apk tadi sudah berubah jadi Deodex.
* Silahkan kembalikan ketempat semula SystemUI.apk tersebut dan hapus file SystemUI.odex-nya, jangan lupa permissionnya rw-r-r--

NB: Cara ini saya dapat berdasarkan pengalaman, karna saya search cara yang lain, semuanya gagal dan mengalami brut.

Untuk cara mengembalikannya ke file odex, silahkan simak caranya berikut:
* Copy file SystemUI.apk yang sudah di deodex tadi ke folder project, buka apktool kemudian klik SystemUI.apk, dan pilih "make odex" tunggu prosesnya dan akan muncul file SystemUI.odex-nya.
* Sebelum di push ke system, hilangkan dulu file dex-nya, caranya klik SystemUI.apk, kemudian pilih "delete dex of a apk", ini oerlu dilakukan agar file SystemUI.dex tadi berfungsi.
* Silahkan push kembali ke tempatnya masing-masing.

NB: Tutorial diatas saya dapatkan berdasarkan pengalaman yang saya dapat dan bertanya kepada ahlinya. InsyaAllah suport semua perangkat android, Silahkan dishare jika ini berguana, dan silahkan bertanya jika ada masalah/kendala, melalui kolom komentar atau PM saya langsung.
Demikian tutorial untuk kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman. Terima Kasih
Salam Newbie Permanent
Anti Bootlop
Happy Modding
D W Y O R

Ditulis dan di publikasikan oleh:
Muammar


Baca Juga
Cara Menambah Performa RAM Android
Cara Memasang Framework Installer atau Exposed Installer

*Sumber: Dari semua sumber yang ada

Comments

Berkomentarlah dengan bijak, Tanpa kekerasan dan tanpa link serta tidak spam.
Terima Kasih!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel