Arti, Manfaat, Dan Cara Instal Busybox Di Android Tanpa PC Tanpa ROOT

Baca Juga!!!

Bukan satu rahasia lagi kalau android merupakan suatu produk yang paling banyak diminati dan dimiliki oleh orang-orang saat ini. Dan mungkin tidak berlebihan kalau saya mengatakan bahwa orang-orang saat ini seakan kaku bila tidak memegang android, ya walaupun tidak semua, tapi kebanyakan seperti itu. Mungkin salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah karna android sangat memanjakan penggunanya, sifat android yang terbuka ( memberikan akses penuh kepada penggunanya ), ini menjadi suatu daya tarik tersendiri, karna pengguna android sangat diberikan kebebasan untuk mengutak-atik semua fitur android, misal memodifikasi tampilan system, mengedit aplikasi system dan masih banyak lagi yang bisa di maksimalkan oleh pengguna android.

Akan tetapi, perlu juga kalian ketahui, bahwa tidak semua pengguna android bisa mengakses semua fitur android sampai ke systemnya, ini hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu, misalnya pengguna android root / root user.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan aplikasi yang khusus untuk android teman-teman yang sudah di ROOT, aplikasi ini bisa jadi wajib ada di android  teman-teman ketika sudah di ROOT, tapi kewajiban tersebut lagi-lagi berdasrkan tujuan anda melakukkan rooting pada android. aplikasi tersebut adalah BusyBox, sekarang pertanyaan yang muncul di benak teman-teman mungkin pertanyaan tentang apa itu BusyBox? Apa Fungsinya? Apa manfaatnya bagi android yang sudah root? Dan pentingkah kita menginstalnya? Semua pertanyaan tersebut akan coba saya jawab pada postingan ini.

Baca Juga:
  - Cara ROOT Android All Device Paling Mudah Tanpa PC
  - Cara menambah Kapasitas & Performa RAM Agar Tidak Lag dengan Swap RAM
  - Cara Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) Paling Mudah

Dikutip dari perkataan salah satu member xda yang mengatakan:

"Busybox allows you or programs to perform actions on your phone using Linux (copied from Unix) commands. Android is basically a specialized Linux OS with a Java compatible (Dalvik) machine for running programs. The Android kernel is a modified version of the Linux kernel (that is why the Android kernel must always be open source). Busybox gives functionality to your phone that it does not have without it"
Terjemahan Indonesia
"Busybox memungkinkan Anda atau program untuk melakukan aksi pada ponsel menggunakan Perintah Linux (di tambahkan dari Unix). pada dasarnya, Android adalah OS Linux khusus dengan Java kompatibel (Dalvik) untuk menjalankan sebuah program. Kernel Android adalah versi modifikasi dari kernel Linux (itu sebabnya kernel Android harus selalu open source). Busybox memberikan fungsionalitas ke telepon Anda yang tidak memiliki tanpa itu."
by jboxer - xda

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa, BusyBox merupakan aplikasi android yang mampu mengkompres perintah dari linux, sehingga setelah memasang aplikasi tersebut di android anda, aplikasi ini akan langsung memberikan perintah tambahan tadi kedalam android anda, karna pada dasarnya didalam android anda ada perintah yang tidak tersedia.

Busybox memungkinkan sobat atau sebuah program, untuk melakukan sebuah aktifitas di dalam perangkat android, dengan menggunakan perintah Linux

Selain itu, aplikasi busybox juga berfungsi untuk menggabungkan versi kecil dari banyak utilitas Linux/Unix umum menjadi executable kecil tunggal. Busybox juga berfungsi sebagai pengganti untuk sebagian besar utilitas yang biasanya sobat temukan di fileutils GNU, shellutils, dll.

Dan salah satu fungsi yang bisa menjadikan aplikasi BusyBox wajib ada di android yang sudah root adalah karna BusyBox mampu nemberikan akses tertentu pada sebuah aplikasi, terutama pada aplikasi-aplikasi yang membutuhkan akses root.

Melihat uraian tentang defenisi dan fungsi aplikasi BusyBox, tidak salah kalau saya mengatakan bahwa sangat penting untuk menginstal BusyBox bagi android yang sudah root, karna memang aplikasi ini memiliki banyak manfaat khususnya bagi pengguna android yang suka memodifikasi system android baik dari segi tampilan ataupun performa.

Adapun cara menginstalnya tidak jauh beda dengan aplikasi pada umumnya dan juga tidak diharuskan menggunakan device android yang sudah root dan tentunya tanpa PC. Akan tetapi untuk aplikasi ini ada beberapa langkah yang harus kita lalui agar betul-betul terinstal dengan baik dan bisa bekerja berdasarkan fungsinya.
Caranya adalah:
1. Download dan Instal aplikasinya terlebih dahulu
2. Kemudian buka aplikasinya dan tunggu sampai loadingnya selesai, setelah itu klik "instal"
3. Silahkan tunggu sampai proses instalasinya selesai, setelah proses instalasinya selesai akan muncul notif succes.
Untuk memastikan bahwa proses instalasi yang kita lakukan sudah sukses, kita bisa menggunakan aplikasi Terminal Emulator, caranya yaitu instal dan buka aplikasi Terminal Emulator, kemudian ketik su lalu enter, selanjutnya ketik lagi busybox, maka akan muncul baris program seperti berikut:

Untuk cara menguji ini khusus untuk android yang sudah memiliki akses root.

Baca Juga
  - Tips Bermain Game Size Besar Di Android Spek Rendah Agar Tidak Lag
  - Cara manual Odex & Deodex Di Android Tanpa PC Dengan Apktool
  - Cara Menghemat Battery Dan Menjadikan Greenify Full Donate

Satu hal yang harus anda tau sebagai pengguna android, bahwa sangat banyak aplikasi android yang membutuhkan bantuan aplikasi BusyBox jadi tidak diragikan lagi kalau fungsi dan manfaat aplikasi ini sangatlah besar, tapi lagi-lagi semua itu tergantung pada pengguna android itu sendiri.

Demikian artikel tentang cara instal busybox semoga bermanfaat bagi pembaca dan khususnya penulis, kalau ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikomentar atau hubungi admin langsung.

Link Download

BusyBox Versi Pro-Free

BusyBox Free Version

Terminal Emulator For Android

2 Comments

Berkomentarlah dengan bijak, Tanpa kekerasan dan tanpa link serta tidak spam.
Terima Kasih!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel