Hal-Hal Yang Bisa Dilakukan Dengan Terminal Emulator

Baca Juga!!!

Ammar KC, Pada postinga sebelumnya, kita sudah membahas dan memperkenalkan kepada para sahabat AKCers tentang apa itu Terminal Emulator, dan cara menginstalnya di android kita masing-masing. Selain itu pada postingan sebelumnya tak lupa kami juga memberikan beberapa kode atau perintah dasar yang bisa kita gunakan di aplikasi Terminal Emulator.

Untuk postingan kali ini, sesuai dengan janji kami sebelumnya kami akan memberikan kepada teman-teman AKCers tentang hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan dengan aplikasi Terminal Emulator. Kalau sahabat AKCers sudah membaca postingan sebelumnya tentang Mengenal Terminal Emulator Dan Cara Menginstal Terminal Emulator Di Android , saya rasa kalian sudah mengambil kesimpulan bahwa penting atau tidakkah aplikasi ini diinstal di android kita. Kalau belum, pada kesempatan ini kami ingatkan bahwa aplikasi ini sangat direkomendasikan kepada teman-teman, khususnya pengguna android yang suka melakukan hal-hal unik pada androidnya.

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti, tidak lupa saya ingatkan kepada semua sahabat AKCers bahwa Terminal Emulator ini adalah sebuah aplikasi android yang bisa di instal di semua jenis android, baik android yang non-root terlebih lagi yang sudah di root, akan tetapi untuk menikmati banyak fitur dari aplikasi Terminal Emulator ini sangat direkomendasikan untuk menggunakan Android yang sudah di root, karna berhubung fitur yang terdapat dalam aplikasi ini kebanyakan membutuhkan akses root.

Baca Juga

Selain itu, tak lupa juga saya selalu ingatkan kepada sahabat AKCers untuk melakukan BackUp semua data yang ada diandroid anda ketika melakukan sesuatu hal yang berhubungan dengan system, karna sedikit kesalahan maka anda akan kehilangan semuanya, dan hal itu tidak bisa dipandang sebelah mata.

Baca Juga

Sesuai judul postingan ini, kami akan memberikan kepada teman-teman tebtang hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan dengan Terminal Emulator. Silahkan baca artikelnya sampai habis!!!

Pertama--tama, silahkan teman-teman download dan instal dulu aplikasi Terminal Emulatornya, bisa langsung buka Play Store, atau lewat link yang sudah kami siapkan di akhir postingan ini.
Selanjutnya silahkan buka aplikasi yang sudah anda instal dan masukkan perintah berdasarkan hal yang ingin anda lakukan, berikut kami berikan beberapa yang paling berpengaruh bagi android.

1. Mengecek Status Root Android

Caranya adalah:
"Buka aplikasi Terminal Emulator dan ketik su kemudian enter, kalau android anda sudah di root, maka akan muncul notif dari aplikasi rootingnya, dan kalau belum, biasanya ada pesan bahwa android anda belum di root"
Yang pertama ini merupakan satu hal yang mungkin bisa dibilang paling sering digunakan oleh pengguna Terminal Emulator, khususnya yang menggunakan fitur Terminal Emulator yang membutuhkan akses root. Karna untuk menggunakan fitur yang ada akses rootnya terlebih dahulu kita harus mengetikkan su, untuk meminta akses root, dan selanjutnya memasukkan perintah yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Masuk Recovery Mode

Recovery Mode adalah adalah sebuah sistem menu didalam android yang dapat dimunculkan dengan beberapa kombinasi tombol. Untuk masuk ke Recovery Mode ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, salah satunya melalui Terminal Emulator, adapun caranya adalah buka aplikasi Terminal Emulator anda ketik su kemudian enter, lalu ketik lagi recovery dan enter, maka android anda akan otomatis masuk ke Recovery Mode.

Baca Juga
Cara Masuk Mode Recovery Semua Android Lengkap

3. Cek Hasil Swap Ram

Banyak pengguna android yang kurang puas dengan performa ram androidnya, apalagi mereka yang masih menggunakan android spek rendah, sehingga beberapa pengguna android yang mengalami kasus seperti ini melakukan berbagai cara untuk membuat androidnya nyaman untuk digunakan, salah satunya dengan SWAP RAM. Akan tetapi setelah melakukan swap ram pasti kebanyakan orang masih merasa belum yakin, dan masih bertanya-tanya apakah swap yang dia lakukan itu berhasil, nah disini kami akan memberikan tips kepada teman-teman AKCers tentang cara cek berhasil tidaknya swap ram yang kita lakukan menggunakan Terminal Emulator. Caranya masuk ke aplikasi Terminal Emulator, ketik su enter, kemudian ketik lagi free dan enter, untuk melihat hasilnya perhatikan pada dialog yang muncul, ketika tertulis angka yang sesuai dengan swap anda, berarti swap anda berhasil, tapi jika yang keluar hanya angka 0 (nol) itu artinya swap yang anda lakukan gagal.

Baca Juga

4. Menstabilkan / Memperkuat Jaringan Internet

Jaringan dan android itu bisa dibilang sebagai satu hal yang tak bisa dipisahkan. Sehingga mungkin banyak pengguna android yang menyimpan dan mengabaikan androidnya begitu saja ketika tak ada paket data / jaringan. Dilain sisi banyak juga pengguna android yang memiliki paket data tapi mengeluhkan masalah jaringan lambat atau tidak stabil, nah disini kami akan memberikan solusi ketika jaringan pada android sahabat AKCers lambat atau tidak stabil, dengan menggunakan Terminal Emulator. Caranya adalah buka aplikasi Terminal Emulatornya, ketik su lalu enter, ketik lagi 8.8.8.8 atau ping.google.com

5. Melakukan Odex dan Deodex ROM

Rom android dibedakan menjadi 2, ada rom odex dan ada juga rom deodex, tentu keduanya memiliki kelebihan masing-masing.
Tidak sedikit orang yang sebelumnya menggunakan rom odex ingin beralih ke rom yang deodex, dan begitupun sebaliknya. Cara beralilpun bisa dilakikan dengan berbagai cara salah satunya dengan aplikasi Terminal Emulator ini. Adapun caranya kami tidak akan memberikan tutorialnya disini, dengan alasan banyak langkah yang harus kita lewati. Tapi jangan khawatir karna selanjutnya kami juga akan memposting tutorialnya disini, silahkan ditunggu.

Baca Juga
Cara manual Odex & Deodex Di Android Tanpa PC Dengan Apktool

6. Menginstal Sebuah File

Saya rasa semua pengguna android pasti tau cara menginstal sebuah aplikasi diandroidnya masing-masing, karna dalam sebuah perangkat android itu dari awal sudah terpasang sebuah aplikasi installer yang biasa kita gunakan untuk menginstal file .apk, selain itu ada juga aplikasi Play Store yang secara otomatis akan menginstal setiap aplokasi uang sudah kita download. Akan tetapi, sahabat AKCers, disini kami akan memberikan cara yang berbeda, yakni dengan menggunakan Terminal Emulator. Nah caranya adalah, buka aplikasinya dan ketik su lalu enter untuk meminta akses root, selanjutnya ketik nama folder tempat anda menyimpan file apk yang ingin anda install. Contohnya cd storage/sdcard enter, Selanjutnya ketik pm install nama_file.apk enter dan tunggu sampai prosesnya selesai.

7. Hack Password Wifi

Melakukan hack wifi atau lebih dikenal dengan bobol wifi menjadi salah satu hal yang banyak dicari para pengguna android. Dan tutorial melakukannyapun sangat banyak yang bisa kita temukan digoogle, nah disini kami akan memberikan cara bobol wifi dengan menggunakan aplikasi Terminal Emulator. Caranya adalah, masuk keaplikasi Teeminal Emulator, ketik su enter, kemudian ketik lagi cd data/misc/wifi lalu enter, ketil lagi ls dan enter, selanjutnya ketik cat *.conf jangan dienter dulu, silahkan aktifkan wifi dan lihat daftar wifi yang tersedia, kemudian kembali ke aplikasi Terminal Emulator dan sekarang tekan Enter. Dan anda akan melihat informasi-informasi dari jaringan wifi tersebut.

8. Instal TWRP / CWM

Berdasarkan pengalaman saya berselancar di dunia internet, saya melihat tutorial instal twrp/cwm tidak kalah banyaknya dengan tutorial lain, salah satu tutorialnya adalah dengan menggunakan aplikasi Terminal Emilator. Silahkan simak caranya berikut. Buka aplikasi Terminal Emulator, ketil su lalu enter, kemudian ketik dd if=/dev/block/mmcblk0p19 of=/sdcard/bak_recovery.img lalu enter, selanjutnya ketik dd if=/sdcard/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p19 lalu enter, dan tunggu prosesnya sampai selesai.
9. Instal File Zip

Terkadang untuk menginstal file yang berekstensi .zip bisa dilakukan dengan melalu Recovery mode, akan tetapi disini kami akan memverika cara yang lain yaitu dengan menggunakan Terminal Emulator, caranya, buka aplikasi Terminal Emulator dan ketik su enter, selanjutnya ketik lagi, dd if=/sdcard/twrp.blob of=/dev/bl lalu enter, selain itu, ada cara lain yang bisa kita masukkan,  ketik echo "--update_package=/sdcard/pat reboot recovery lalu enter, (xda)

10. BackUp Aplikasi

Banyak pengguna android yang pernah mengalami aplikasi yang ada diandroidnya tiba-tiba hilang atau terhapus, untung-untung kalau file apknya sudah dibackup atau disimpan ketempat lain, kalau tidak? Nah makanya disini kami akan memberikan cara backup aplikasi dengan Terminal Emulator. Silahkan bika aplikasi Terminal Emulatir dan kerik su enter, ketik lagi cd /sdcard enter, ketik lagi sh backup_apk.sh nah untuk langkah ini silahkan anda download file backup_apk.sh sikahkan cari file-nya di Google, selanjutnya ketik -pkg nama aplikasi /download
Kata download merupakan contoh nama dolder tempat menyimpan filenya.

Untuk anda pengguna yang non-root anda tidak perlu menggunakan perintah su, akan tetapi, perlu juga kalian perhatikan bahwa tidak semua cara diatas supirt di device yang non-root, jadi kami sarankan jika ingin menggunkan cara ini silahkan root androidnya.
Demikian artikel tentang hal-hal yang bisa kita lakukan dengan Terminal Emulator, kami akan mengupdate setiap ada tutorial menggunakan Terminal Emulator yang baru, kalau ada pertanyaan silahlan tanyakan lewat kolom komentar.
Kalau anda suka dan mengapresiasi blog ini, mari kita sama-sam membangunnya dengan cara komen artikelnya dan jangan lupa share kemedia sosial anda.

Comments

Berkomentarlah dengan bijak, Tanpa kekerasan dan tanpa link serta tidak spam.
Terima Kasih!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel