Mengenal Arti dan Fungsi Serta Kelebihan dan Kekurangan Android

Baca Juga!!!

Mengenal Arti dan Fungsi Serta Kelebihan dan Kekurangan Android

Assalmualaikum wr. wb.
   Selamat datang teman-teman para pecinta android, ini adalah blog sederhana yang saya buat khusus untuk teman-teman yang memang suka bemain gadget atau android. Tujuannya sih simple, agar teman-teman mengenal lebih dalam lagi tentang apa itu android, fungsi dan tujannya apa, serta fitur-fitur apa sajakah yang bisa kita kembangkan di android, sehingga android yang teman-teman miliki tidak hanya berguna untuk selfi dan eksis di sosmed:v dan tentunya masih banyak lagi hal-hal tentang android yang akan kita bahas, jadi pantau terus blog ini agar teman-teman tidak ketinggalan info satupun.
   Sebenarnya sih saya bukan ahli dalam hal ini, akan tetapi, menurut saya, untuk berbagi ilmu tidak perlu menunggu menjadi seorang ahli, kalau ada yang anda tau walupun itu sedikit silahkan dishare, karna berkahnya ilmu tidak diukur dari banyak atau sedikitnya tapi yang penting adalah, bermanfaat atau tidaknya ilmu tersebut untuk orang lain (ko' saya jadi ceramah ya? :v).
   Baiklah teman-teman di postingan pertama ini, saya akan membagikan kepada teman-teman tentang sejarah dan pengertian android, Fungsi dan tujuannya apa, serta apa kelebihan dan kekurangannya.
Sejarah Android
   Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sedangkan Android Inc. itu sendiri didirikan oleh oleh Andy Rubin (pendiri Danger ), Rich Miner (pendiri Wildfire Communications, Inc.), Nick Sears (mantan VP T-Mobile ), dan Chris White (kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV ) di Palo Alto, California , pada bulan Oktober 2003. 
   Pada tanggal 17 Agustus 2005, Google mengakuisisi Android Inc. dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google. Pendiri Android Inc. seperti Rubin, Miner dan White tetap bekerja di perusahaan setelah diakuisisi oleh Google. Setelah itu, tidak banyak yang diketahui tentang perkembangan Android Inc., dengan tidakannya ini, banyak anggapan yang menyatakan bahwa Google berencana untuk memasuki pasar telepon seluler. Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mulai mengembangkan platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel Linux . Google memasarkan platform tersebut kepada produsen perangkat seluler dan operator nirkabel, dengan janji bahwa mereka menyediakan sistem yang fleksibel dan bisa diperbarui. Google telah memilih beberapa mitra perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras, serta mengisyaratkan kepada operator seluler bahwa kerja sama ini terbuka bagi siapapun yang ingin berpartisipasi. Spekulasi tentang niat Google untuk memasuki pasar komunikasi seluler terus berkembang hingga bulan Desember 2006. BBC dan Wall Street Journal melaporkan bahwa Google sedang bekerja keras untuk menyertakan aplikasi dan mesin pencarinya di perangkat seluler. Berbagai media cetak dan media daring mengabarkan bahwa Google sedang mengembangkan perangkat seluler dengan merek Google. Beberapa di antaranya berspekulasi bahwa Google telah menentukan spesifikasi teknisnya, termasuk produsen telepon seluler dan operator jaringan. Pada bulan Desember 2007, InformationWeek melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telepon seluler. 
   Pada tanggal 5 November 2007, Open Handset Alliance (OHA) didirikan. OHA adalah konsorsium dari perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google, produsen perangkat seluler seperti HTC , Sony dan Samsung, operator nirkabel seperti Sprint Nextel dan T-Mobile , serta produsen chipset seperti Qualcomm dan Texas Instruments. OHA sendiri bertujuan untuk mengembangkan standar terbuka bagi perangkat seluler. Saat itu, Android diresmikan sebagai produk pertamanya; sebuah platform perangkat seluler yang menggunakan kernel Linux versi 2.6. Telepon seluler komersial pertama yang menggunakan sistem operasi Android adalah HTC Dream , yang diluncurkan pada 22 Oktober 2008. 
   Pada tahun 2010, Google merilis seri Nexus; perangkat telepon pintar dan tablet dengan sistem operasi Android yang diproduksi oleh mitra produsen telepon seluler seperti HTC, LG , dan Samsung. HTC bekerja sama dengan Google dalam merilis produk telepon pintar Nexus pertama, yakni Nexus One. Seri ini telah diperbarui dengan perangkat yang lebih baru, misalnya telepon pintar Nexus 4 dan tablet Nexus 10 yang diproduksi oleh LG dan Samsung. Pada 15 Oktober 2014, Google mengumumkan Nexus 6 dan Nexus 9 yang diproduksi oleh Motorola dan HTC. Pada 13 Maret 2013, Larry Page mengumumkan dalam postingan blognya bahwa Andy Rubin telah pindah dari divisi Android untuk mengerjakan proyek-proyek baru di Google. Ia digantikan oleh Sundar Pichai , yang sebelumnya menjabat sebagai kepala divisi Google Chrome, yang mengembangkan Chrome OS .
   Sejak tahun 2008, Android secara bertahap telah melakukan sejumlah pembaruan untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, menambahkan fitur baru, dan memperbaiki bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Setiap versi utama yang dirilis dinamakan secara alfabetis berdasarkan nama-nama makanan pencuci mulut atau camilan bergula; misalnya, versi 1.5 bernama Cupcake , yang kemudian diikuti oleh versi 1.6 Donut . Versi terbaru adalah 7.0 Nougat, yang dirilis pada 19 Oktober 2016.
Pengertian
   Android merupakan sistem operasi yang memang dirancang khusus untuk smartphone dan tablet. Sistem Android ini memiliki basis Linux yang mana dijadikan sebagai pondasi dasar dari sistem operasi Android. Linux sendiri merupakan sistem operasi yang memang khusus dirancang untuk komputer. Android memang dirancang untuk dipasang pada perangkat-perangkat mobile touchscreen ( smartphone dan tablet). Sehingga sistem operasi yang berada di dalam smartphone saat ini memang menyesuaikan dari spesifikasi kelas low-end hingga high-end. Sehingga perkembangan sistem android memang cukup meningkat tajam. 
   Android merupakan sistem operasi yang terbuka (open source) yang berarti jika pihak Google memperbolehkan dan membebaskan bagi pihak manapun untuk dapat mengembangkan sistem operasi tersebut. Bahkan anda sendiri pun juga dapat mengembangkan sistem android yang memang sesuai dengan keinginan anda.
Fungsi Android
   Seperti yang kita ketahui, mamang android ini sangat banyak berfungsi dan membantu kehidupan sehari-hari umat manusia, selain media untuk berkomunikasi jarak jauh, android juga sangat berguna dalam hal memberikan update berita atau kejadian terbaru yang terjadi disekitar kita, dengan android, anda bisa berselancar di Internet dan mencari berita-berita terbaru dengan sangat bebas. Selain itu android juga mampu memberikan penghasilan tambahan kepada penggunanya, karna semakin banyaknya bisnis-bidnis online yang hasilnya menjajikan, dan tentunya masih sangat banyak fumgsi android yang bisa kita manfaatkan selain yang saya sebutkan tadi.
Kelebihan Android
* User Friendly, maksudnya disini adalah sistem Android sangat mudah untuk dijalankan. Sama halnya pada sistem operasi Windows yang ada pada komputer. Bagi anda yang belum terlalu terbiasa dengan smartphone, anda hanya membutuhkan waktu sebentar saja untuk bisa mempelajari sistem Android.
* Tampilan, untuk tampilannya, Android tidak kalah bagusnya dari iOS miliknya Apple, karena memang dari awal android hampir mengusung teknologi iOS, hanya saja ini versi murahnya.
* Open Source, dengan fitur yang satu ini, pengguna android akan sangat mudah dalam melakukan pengeditan system, baik itu tampilan, performa, dll, sehingga banyak pengguna android yang begitu mudah mengganti custom romnya.
* Aplikasi dam game, dengan android, anda bisa melakukan istalasi berbagai macam aplikasi dan game, bahkan ada puluhan ribu aplikasi yang bisa anda dowload dan istal di android anda.
*DLL.
Kekurangan
* Update system yang kurang efektif, system Android memang seringkali mengalami peningkatan versi yang ditawarkan kepada penggunanya. Namun untuk mengupdate system Android ini bukanlah hal yang mudah. Anda diharuskan untuk menunggu masing-masing vendor merilis resmi update terbaru dari sistem android tersebut. Dan bagi beberapa pengguna, hal ini kurang begitu menyenangkan.
* Baterai yang cepat habis, mungkin hal ini sering dialami oleh pengguna sistem Android saat ini. Apalagi jika anda sering menyalakan paket data serta menggunakan widget dan aplikasi yang berjalan terlalu berlebihan sehingga menyebabkan daya baterai berkurang dengan cepat. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengurangi aktivitas yang ada pada smartphone anda.
* Sering mengalami lemot atau lag, hal ini biasanya berkaitan dengan spesifikasi dari masing-masing perangkat seluler. Namun meskipun begitu, jika sistem android memang tidak bersahabat dengan aplikasi-aplikasi yang anda miliki tentu saja akan berdampak pada leletnya penggunaan smartphone anda. Hal ini dikaitkan dengan RAM atau prosesor yang memang kurang memadai. Sehingga akan lebih baik jika menyimpan aplikasi yang memang sesuai dengan smartphone yang anda miliki.
Akan tetapi dengan kecanggihan dan kepintaran android yang semakin lama semakin meningkat kekurangan-kekurang diatas bisa dengan sangat mudah diatasi.

Nah, teman-teman, itulah sedikit, gambaran dan pengenalan tentang android, yang bisa saya berikan, untuk informasi seputar android lainnya, silahkan teman-teman tunggu updatenya di blog ini, yang pastinya kami akan update tiap hari.
Untuk tutorial-tutorial android silahkan teman-teman, buka di blog muammar23.blogspot.com, dijamin, disana semua ada.
Terima kasih teman-teman karna sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke blog ini, semoga selalu memberikan manfaat.
Silahkan tunggu update selanjutnya.
Wassalam.

*Sumber : Wikipedia, serta berbagi sumber yang ada.

Comments

Berkomentarlah dengan bijak, Tanpa kekerasan dan tanpa link serta tidak spam.
Terima Kasih!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel