Mengenal Terminal Emulator Dan Cara Menginstal Terminal Emulator Di Android

Baca Juga!!!


Mengenal Terminal Emulator Dan Cara Menginstal Terminal Emulator Di Android


Ammar KC,
Smarthpone android saat ini menjadi salah satu produk yang kecanggihannya tidak jauh beda dengan perangkat komputer. Sesuai dengan namanya smarthpone android memang memiliki kepintaran yang sangat luar biasa, bahkan membuat banyak orang berlomba-lomba untuk memiliki dan menggunakannya. Smarthpone android dijalankan dengan menggunakan aplikasi sehingga kita bisa mengakses berbagai macam fitur didalam android tersebut. Dengan semakin banyaknya jenis android yang beredar saat ini, semakin banyak pula aplikasi-aplikasi android yang semakin hari semakin mudah untuk kita dapatkan. Berbagai macam jenis aplikasi android tersedia diberbagai situs-situs penyedia aplikasi baik itu dari Google PlayStore, Apple Store, atau situs-situs penyedia aplikasi lainnya. Kenapa demikian? Karna para pengembang atau pembuat aplikasi saat ini juga semakin bertambah banyak.


Nah kali ini saya mau berbagi atau memberikan informasi tentang sebuah aplikasi android yang mungkin sebagian pengguna android menganggap kalau aplikasi ini penting untuk di instal di android, apalagi kalau pengguna tersebut sudah melakukan rooting pada androidnya dan hobi mengutak-atik androidnya sampai kesystemnya.

Aplikasi tersebut adalah Terminal Emulator, Kalau anda adalah pengguna komputer atau sebelumnya adalah pengguna komputer, mungkin anda pernah atau bahkan sering mendengar istilah CMD atau Command Promt, atau istilah Terminal kalau di perangkat Linux, nah untuk perangkat smarthpone android ini anda akan mendengar istilah Terminal Emulator. Pada dasarnya ketiga istilah atau software/aplikasi ini, fungsinya hampir sama, hanya saja yang membedakan ketiganya adalah pada perintah-perintah atau kode untuk menjalankannya.

Sesuai dengan judul artikel ini kita akan khususkan membahas mengenai Terminal Emulator. Istilah Terminal Emulator bagi teman-teman yang tergolong pengguna android baru, mungkin masih merasa asing dan tidak tertutup kemungkinan kalian akan bertanya-tanya, apasih Terminal Emulator itu? Apa fungsi dan manfaatnya buat android? Dan pentingkah kita menginstalnya Diandroid kita? Nah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut saya akan uraikan satu-persatu pada artikel ini.

Baca Juga

Terminal Emulator adalah sebuah aplikasi android yang dapat membantu kita untuk mengakses Linux Command Line yang ada di dalam hp kita.

Aplikasi ini berfungsi sebagai penghubung kita agar bisa mengakses Linux Command Line tadi, dan tentunya kita harus menggunakan perintah-perintah tertentu atau code-code tertentu yang kita ketikkan ke aplikasi terminal emulator tersebut.

Manfaat dan kegunaan aplikasi Terminal Emulator ini sangatlah banyak, Beberapa diantaranya adalah; Kita dapat mengecek status root android kita, mengecek sisa penyimpanan perangkat kita, mengecek kinerja cpu, memperbaiki jaringan internet, merestart dan menonaktifkan android tanpa menggunakan tombol power, memasang berbagai macam tweak, melakukan odex dan deodex rom, merubah reaolusi layar android, Dan masih banyak lagi. Akan tetapi untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut tentunya anda harus tau dulu perintah-perintah atau code-code khusus yang bisa kita gunakan di aplikasi ini.

Nah untuk menggunakan Terminal Emulator, yang harus anda perhatikan trrlebih dahulu adalah;
 - Siapkan mental anda, jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, :v
 - Dan jangan pernah lupa untuk membackup semua data anda yang penting, ketika yang anda lakukan itu berkaitan dengan system.
 - Pastikan android anda sudah di Root dan minimal terpasang aplikasi SuperUser, Cara ROOT Android All Device Paling Mudah Tanpa PC
 - Download dan instal aplikasi Terminal Emulator, (linknya saya sediakan dibagian bawah postingan ini).
 - Dan yang paling penting adalah anda sudah tau perintah-perintah dasar untuk menggunakan Terminal Emulator ini.

Berikut beberapa Perintah atau code dasar beserta fungsinya masing-masing dalam menggunakan Terminal Emulator di Android.

  - su, perintah yang pertama ini adalah perintah yang paling dasar dalam menggunakan terminal Emulator, kenapa? Karna perintah ini merupakan perintah yang pertama yang harus kita masukkan sebelum menggunakan perintah atau code lain, yang ingin kita manfaatkan dalam penggunaan Terminal Emulator. Selain itu perintah yang satu ini merupakan cara untuk mengetahui status root android kita. Jadi intinya perintah su ini berfungsi untuk meminta akses root pada android.
  - df, perintah yang satu ini berfungsi untuk mengetahui sisa penyimpanan android kita.
  - ls, perintah ini berfungsi untuk menampilkan file directory android kita.
  - du, fungsinya untuk melihat penggunaan directory di android kita.
  - svc data enable, fungsinya yaitu untuk megaktiflankan koneksi data diandroid kita, adapun untuk mematikannya tinggal ganti kata enable jadi disable.
  - svc wifi enable, berfungsi untuk mangaktifkan koneksi wifi android, sedangkan untuk mematikannya hanya mengganti kata enable jadi disable.
  - cat/proc/cpuinfo, berfungsi untuk melihat informasi cpu android, seperti kinerja dan lain lain.
  - cat/proc/meminfo, berfungsi untuk melihat informasi memori android, seperti sisa penggunaan dan detail penggunaan.
  - logcat, berfungsi untuk memberikan pesan dari sistem file, sehingga apapun yang dikerjakan oleh hp anda, bisa anda lihat melalui logcat.
  - busybox, fungsinya adalah untuk mengetahui apakan instalasi busybox di android sudah berhasil atau tidak, selain itu perintah ini juga memberikan kita informasi tentang kinerja aplikasi busybix di android.
  - clear, berfungsi untuk membersihkan baris program yang sudah kita lakukan di Terminal Emulator tadi.
  - reboot, fungsi perintah ini adalah untuk mematikan atau merestart android tanpa harus menggunakan tombol power lagi.

Itulah beberapa perintah dasar yang bisa kita gunakan di Terminal Emulator, seperti yang saya katakan tadi, sebenarnya hal-hal yang bisa kita lakukan pada Terminal Emulator itu masih sangat banyak dan tentunya dengan menggunakan perintah-perintah yang berbeda-beda, akan tetapi untuk postingan kali cukup yang dasar dan yang paling banyak digunakan oleh orang-orang saja dulu, untuk fitur lainnya silahkan tunggu postingan selanjutnya :)

Baca Juga

Setelah melihat fungsi, manfaat dan hal-hal yang bisa kita gunakan pada aplikasi terminal emulator, saya rasa teman-teman semua bisa mengambil kesimpulan tentang penting atau tidaknya kita melakukan instalasi Terminal Emulator di android. Kalau untuk saya pribadi sih sangat penting aplikasi ini terinstal diandroid dengan alasan tadi, manfaatnya sangat besar dan banyak, tapi lagi-lagi semua itu tergantung pada pengguna android itu sendiri.

Demikian postingan kami tentang pengenalan dan cara penggunaan Terminal Emulator ini semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca, dan kalau ada kendala silahkan tanyakan melalui keomentar, Insha Allah kami siap 24 jam.
Kalau abda suka dengan blog kami, bantu kami bangun blog ini dengan melakukan share postingan dan komentar yang baik.

Link Download




5 Comments

  1. Cukup bagus dan menarik informasi yang diberikan, lumayanlah buat nambah ilmu. Thanks

    Jangan lupa mampir juga ke blog saya yaa hehehehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti gan, dan terima kasih atas kunjungannya dan review-nya :v

      Delete
  2. Mantap artikelnya lengkap kodenya. Tambah artikel gan cara gunakan paython dan lain lain di terminal emulator,
    Salam Blogmonyza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insha Allah gan,
      Dan Terima Kasih atas review dan sarannya.

      Delete
  3. Dulu jaman-jamannya ngoprek sering banget pake app ini, kalo gak salah Te jg bisa ngubah kernel dan overclock prossesor di android. Mantap jiwa

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak, Tanpa kekerasan dan tanpa link serta tidak spam.
Terima Kasih!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel