Perintah Dasar Dalam Menggunakan Aplikasi Termux Di Android

Baca Juga!!!


Perintah Dasar Dalam Menggunakan Aplikasi Termux Di Android


Halo teman-teman, pada postingan sebelunnya kami sudah membahas dan memberikan postingan kepada teman-teman tentang cara memasang dan menggunakan Termux di android tanpa root. Nah untuk postingan kali ini kami akan melanjutkan postingan tersebut, jadi hari ini kami akan membahas perintah-perintah dasar dalam menggunakan termux di android.

Perintah-perintah yang bisa kita masukkan ke aplikasi Termux sangatlah banyak, dan bisa kita gunakan dengan sangat mudah. Akan tetapi untuk menggunakan perintah-perintah tersebut, ada baiknya teman-teman cari tau dulu fungsi dan kegunaanya, karna jangan sampai anda asal menggunakannnya, tapi hasil dan resikonya belum diketahui, karna tidak semua perintah dalam termux bisa digunakan dengan bebas. apalagi anda yang masih termasuk bocah dibawah umur.

Selain itu, untuk menggunakan perintah termux yang lain, tentunya terlebih dahulu anda harus mengaetahui perintah-perintah dasar yang sering digunakan. Karna hal ini sudah menjadi hakikat hidup, apapun yang ingin anda lakukan, tentunya anda harus tau terlebih dahulu langkah dasarnya.

Makanya, bagi anda yang ingin mempelajari termux lebih jauh lagi, artikel ini mungkin bisa jadi acuan dan pedoman, serta sebagai langkah awal anda untuk mulai bepajar termux. Nah dibawah ini kami akan memuliskan benerapa langkah dasar yang harus anda ketahui dalam menggunakan termux..

Perintah Dasar Dalam Menggunakan Aplikasi Termux Di Android


1. Install Package
Untuk menjalankan fitur-fitur terminal emulator, tentunya anda harus menginstal package yang ada dalam repository termux, tentunya yang anda instal itu yang dibutuhkan saja, dan sesuai dengan fitur yang ingin anda gunakan. Adapun perintahnya ada 3,tapi fungsinya sama saja:

  • pkg install namapackage
  • apt install namapackage
  • apt-get install namapackage
Selain itu, anda juga bisa menginstal package yang diluar dari repository termux dengan catatan, package yang teman-teman instal tersebut, sesuai dengan arsitektur perangkat yang teman-teman gunakan, serta package tersebut, memang ditujukan untuk termux, bukan untuk ubuntu atau debian. Adapun cara menggunakan perintahnya adalah:

  • apt install ./namapackage.deb
  • dpkg -i namapackage.deb

2. Update repository
Untuk melakukan update repository termux, anda cukup menggunakan perintah berikut:

  • pkg update
  • apt update
  • apt-get update

3. Upgrade package
Teman-teman juga bisa melakukan pembaruan pada package yang telah teman-teman install tadi, dengan catatan, package tersebut sudah memiliki versi yang baru, adapun caranya sebagai berikut:

  • pkg upgrade
  • apt upgrade
  • apt-get upgrade

4. Updare dan Upgrade
Teman-teman juga bisa memasukkan perintah dobel yaitu peritah update dan upgrade dengan memasukkan perintah

  • pkg up
  • pkg update && upgrade
  • apt update && upgrade
  • apt-get update && apt-get upgrade
Catatan:tanda && sigunakan ketika teman-teman ingin memasukkan lebih dari satu perintah secara bersamaan, tanda tersebut berguna sebagai pemisah antar perintah.

5. Menampilkan List Dalam Folder
Dengan termux anda juga bisa menampilkan list pada sebuah folder dengan sangat mudah, cukup dengan memasukkan perintah ls /namafolder. Akan tetapi, dengan perintah ls tersebut, list yang tersembunyi tidak akan ikut tampil, anda harus memasukkan perintah ls -a untuk menampilkan list tersembunyi itu.

6. Copy atau duplikat sebuah file
Untuk melakukan copy atau duplikat file melalui termux juga sangat mudah kita lakukan, teman-teman teman hanya perlu tau nama file-nya dan nam folder tempat file tersebut akan dipindahkan. Adapun perintah yang bisa anda masukkan adalah cp namafile /foldertujuan.

7. Menghapus file atau folder
Dengan aplikasi termux teman-teman juga bisa menghapus file atau folder yang tidak di gunakan lagi, teman-teman cukup memasukkan perintah rm namafile. Untuk menghapus folder teman teman bisa menggunakan mkdir namafolder, atau bisa juga rm -rf namafolder

8. Merename sebuah file
Untuk merename file, teman-teman bisa menggunakan perintah, mv namafileyangingindirename namapengganti.

9. Memindahkan file
Selain mengganti nama file, perintah mv juga bisa digunakan sebagai perintah untuk nemindahkan sebuah file, perintah yang harus anda masukkan adalah mv foldertujuan.

10. Menampilkan proses yang berjalan
Untuk menampilkan semua proses yang berjalan di android teman-teman menggunakan aplikasi termux, teman-teman cukup memasukkan perintah top

11. Menghapus proses yang sudah dilakukan di termux
Setelah memasukkan beberapa perintah dalam aplikasi termux, mungkin teman-teman ingin menghapus semua proses yang sudah dilakukan tadi, nah untuk melakukan hal tersebut, teman-teman cukup memasukkan perintah clear

12. Keluar dari aplikasi termux
Setelah menggunakan aplikasi termux, tentunya teman ingin keluar dan menutup aplikasi tersebut, dengan menekan tombol back pada prrangkat android teman-teman, maka itu akan mengeluarkan teman-teman dari aplikasi termux, tapi tidak betul-betul menutup aplikasi tersebut, makanya teman-teman oerlu memasukkan perintah berikut:

  • exit
  • logout
Catatan:Setelah teman-teman selesai memasukkan perintah yang diinginkan, teman-teman perlu menekan enter agar perintahnya berjalan.

Itulah beberapa perintah dasar yang bisa teman-teman gunakan sebagai awal dalam mempelajari aplikasi termux, sebenarnya perintahnya masih sangat banyak, akan tetapi perintah diatas menurut kami sudah cukup, adapun kalau teman-teman masih perlu perintah-perintah lain, silahkan search di google, atau tanyakan lewat kolom komentar, siapa tau kami bisa membantu.

Demikian artikel tentang Perintah Dasar Dalam Menggunakan Aplikasi Termux Di Android. bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk meninggalkan komentarnya dan bagikan artikelnya agar yang lain tau.

Comments

Berkomentarlah dengan bijak, Tanpa kekerasan dan tanpa link serta tidak spam.
Terima Kasih!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel