Cara Membuat Subdomain Di Blog Tanpa Hosting

Baca Juga!!!


Cara Membuat Subdomain Di Blog Tanpa Hosting


Ammar KC
Halo teman-teman, jumpa lagi dengan ammar-kc.com, pada kesempatan ini kami akan membagikan artikel tentang cara membuat subdomain di blog menggunakan domain sendiri tanpa harus membeli atau memiliki hosting terlebih dahulu.

Subdomain adalah bagian dari sebuah domain induk, subdomain merupakan sebuah domain yang mengacu pada sebuah situs yang termasuk dari bagian situs pada domain induk.

Subdomain biasanya berada di depan domain utama dan dipisahkan oleh tanda titik (.), misalnya pada domain safelink.ammar-kc.com, dimana ammar-kc.com merupakan domain induknya, sedangkan safelink merupakan subdomain. Subdomain juga biasanya dikenal dengan istilah third level domain.

Untuk bisa mendapatkan subdomain anda setidaknya sudah memiliki hosting, namun pada tutorial kali ini kalian cukup memiliki domain induk atau domain utama, sedangkan untuk mendapatkan domain induk anda terlebih dahulu harus membeli di situs-situs penyedia domain itu sendiri, misalnya hostinger, namecheap, rumahweb dan lain-lain. Namun saat ini sudah banyak reseller-reseller domain yang bisa kalian gunakan jasanya untuk mendapatkan domain.

Nah bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan subdomain tanpa harus memiliki hosting? Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Membuat Subdomain Di Blog Tanpa Hosting


1). Pastikan kalian sudah memiliki domain induk, kalau belum silahkan beli dulu.

2). Kalau sudah punya silahkan buka aplikasi browser anda dan login ke situs penyedia domain anda, disini saya menggunakan situs namecheap.com, karna saya membeli domain saya di situs tersebut.

3). Selanjutnya pilih domain yang ingin kalian buatkan subdomain, klik MANAGE.

4). Selanjutnya buka menu Advanced DNS,

5). Selanjutnya kita akan menambahkan CNAME baru, caranya sama seperti ketika kita menambahkan CNAME ketika pertama kali membeli domain, klik ADD NEW RECORD, kemudian Record Type-nya pilih CNAME Record, kemudian Host isi dengan nama subdomain yang ingin kalian gunakan, jangan lupa tambahkan www didepannya, misalnya www.safelink, selanjutnya untuk targetnya isi dengan ghs.google.com. Selanjutnya klik Save Changes untuk menyimpan perubahannya.

6). Langkah selanjutnya, masuk ke akun blog kalian, kemudian buat blog baru.

7). Selanjutnya buka Setelan - Dasar, kemudian klik + Siapkan url pihak ke 3 untuk blog anda, kemudian masukkan subdomain yang tadi dibuat, jangan lupa untuk menambahkan www, sehingga domain yang harus kita masukkan adalah www.safelink.ammar-kc.com, selanjutnya klik Simpan.

8). Selesai, nah sekarang silahkan kalian coba akses subdomain baru yang tadi kalian buat.
Catatan:
Jika terjadi eror ketika menyimpan setelan domain tadi, silahkan kalian buat CNAME lagi dan masukkan kode yang diberikan oleh blogger.

Itulah langkah-langkah dalam membuat subdomain di blog dengan domain sendiri tanpa harus memiliki hosting, mudahkan? silahkan kalian praktekkan di blog masing-masing.

Kami juga membuat tutorialnya dalam bentuk video, silahkan di tonton untuk lebih jelasnya lagi, dan jangan lupa untuk memberikan like, coment dan share video kami, serta subscribe juga chanel kami.

Demikianlah artikel kami tentang cara membuat subdomain di blog tanpa hosting, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk suport kami dengan meninggalkan komentar yang baik dan membangun, serta tidak lupa untuk membagikan artikelnya.


Comments

Berkomentarlah dengan bijak, Tanpa kekerasan dan tanpa link serta tidak spam.
Terima Kasih!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel