Wisata Religi Di Masjid Tiban Turen Jawa Timur

Baca Juga!!!

Wisata Religi di Masjid Tiban Turen Jawa Timur

Wisata Religi di Masjid Tiban Turen Jawa Timur - Mengisi hari libur bersama keluarga dengan berkunjung ke Masjid Tiban Turen yang sering disebut masjid ajaib oleh masyarakat sekitar. Alasan disebut sebagai masjid ajaib atau masjid Tiban karena masyarakat menduga masjid ini muncul secara tiba-tiba. Sebagian menyebutkan, masjid tersebut di bangun oleh jin dalam waktu semalam.

Namun, hal tersebut dibantah oleh orang dalam. Sebenarnya, masjid Tiban Turen adalah Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Pesantren tersebut berada di jalan KH Wahid Hasyi, Gang Anyar rt/rw 27/06 Desa Sanarejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Masjid tersebut tidak berdiri tiba-tiba, melainkan dengan proses pembangunan.  Dan saat ini masjid ini disebut sebagai Wisata Religi  oleh semua orang. Pembangunan masjid dilakukan oleh santri dan jamaah. Tentu saja bantahan dari orang tersebut, jelas terpampang dengan tulisan yang besar-besar “Apabila ada orang yang mengatakan bahwa ini adalah pondok Tiban, dibangun oleh jin. Itu tidak benar”. Masjid tersebut murni dibangun oleh para santri dan jamaah.

Sejarah Pembangunan

Pondok pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam. Masyarakat sering menyebut dengan panggilan Romo Kiai Ahmad. Masjid tersebut memiliki 10 lantai pada bangunan utama. Lantai pertama hingga lantai empat digunakan sebagai kegiatan para santri. Sedangkan lantai lima, tujuh hingga delapan diisi dengan toko-toko kecil yang dikelolah oleh santriwati. Toko-toko kecil tersebut menjual berbagai makanan dan kebutuhan santri seperti baju jilbab, sarung, sajadah, mukenah dan lain sebagainya. Lantai enam pada bangunan ini dijadikan sebagai ruang keluarga.

Pondok pesantren yang saat ini juga dijadikan sebagai tempat wisata, memiliki kolam renang lengkap dengan perahu kecil yang hanya diperuntukan untuk pengunjung anak-anak. Pesantren tersebut tidak hanya memiliki kolam renang didalamnya, melainkan juga terdapat beberapa hewan seperti monyet, kelinci, ayam, burung dan kijang. Jadi Anda dapat mengunjungi tempat wisata religi ini sebagai hiburan dan juga mendapatkan ilmu agama.

Kultur dan Desain bangungan

Arsitektur dari pondok pesantren tersebut diperoleh dari hasil istikharah Kiai Haji Achmad. Oleh sebab itu, bentuknya sangat unik perpaduan antara gaya timur tengah, china dan modern. Proses pembangunannya tidak memerlukan alat berat, melainkan dikerjakan langsung oleh 250 orang santri dan beberapa warga. Material yang digunakan juga seadanya. Pada saat itu material yang ada hanya batu bata merah, maka batu bata merah itulah yang dipasang menggunakan luluh yang terbuat dari tanah liat.

Pembangunan dilakukan sejak tahun 1963 hingga 1978, seiring dengan proses pembangunannya mulai ada santri yang menetap disana. Pada tahun 1992, pembangunan masjid sempat dihentikan. Namun, pada tahun 1998 proses pembangunan dimulai kembali dan dilakukan hingga saat ini. Dana yang digunakan untuk membangun masjid tersebut murni dari dana pribadi pemilik pesantren. Bagi pemilik pesantren masjid ini merupakan hadiah dari Allah SWT.

Pengunjung yang datang dapat melihat seluruh pesantren dari lantai sembilan dan sepuluh. Bahkan pengunjung juga dapat melihat sekitaran kota Malang yang asri, dari lantai tersebut. Pengunjung yang datang dimasjid tersebut tidak dikenakan tarif alias gratis. Jadi kamu bisa menikati wisata religi ini tanpa hawatir dengan masalah tiket. Wisatawan yang datang hanya akan diberikan pertanyaan seperti nama, asal dan tujuan datang kemasjid. Kemudian pengunjung akan diberikan selembar kertas sebagai tanda bahwa pengunjung mendapat ijin untuk memasuki masjid tersebut.

Akan tetapi nih, kertas yang tadi diberikan harus dikembalikan ketika pengunjung meninggalkan masjid. Kalau kalian dari arah Kota, cukup naik angkutan umum kemudian ojek untuk bisa menikmati wisata religi ini. Tapi saya sangat menyarankan agar anda menyewa jasa pemandu selama berwisata di kota Malang. Salah satu Agen Sewa Mobil di Malang yang terkenal adalah www.travelmalang.id. Dimana agen sewa mobil tersebut telah terbukti amanah dan juga profesional dalam menemani para wisatawan.

Comments

Berkomentarlah dengan bijak, Tanpa kekerasan dan tanpa link serta tidak spam.
Terima Kasih!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel