Cara Menjaga Tubuh Agar Tidak Terkenak Penyakit Flu

Cara menjaga tubuh agar tidak flu -Flu yang disebabkan oleh infeksi akan mudah ditularkan ke orang-orang di sekitar melalui udara. Cara untuk menghindari tertular adalah meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga bahkan virus atau bakteri tidak akan berlipat ganda dalam tubuh.

Perubahan cuaca ekstrem dari panas ke hujan, seperti yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya kini membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Flu, penyakit yang sering terjadi selama pergantian musim dan dapat mengganggu aktivitas jika tubuh telah terserang.

Niket Sonpal, MD, ahli penyakit dalam dan gastroenterologi yang berbasis di New York City, menjelaskan beberapa tanda paling awal bahwa tubuh terkena flu. Beberapa di antaranya termasuk demam, menggigil, batuk, pilek, hidung tersumbat, sakit kepala, badan terasa lelah, muntah, hingga diare.

Cara Menjaga Tubuh Agar Tidak Terkenak Penyakit Flu


Flu, atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza dapat dicegah dengan suntikan vaksin. Namun flu masih berpotensi menyerang tubuh jika kesehatan dan daya tahan tubuh juga terjaga dengan sembrono.

1. Makan jamur

Penelitian baru yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa konsumsi jamur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Orang yang makan jamur shiitake yang dimasak setiap hari selama sebulan menunjukkan peningkatan produksi sel T dan mengurangi peradangan.


2. Minum banyak cairan

Konsumsi banyak cairan dapat membantu mengencerkan lendir dalam tubuh saat Anda sakit. Anda dapat mengonsumsi cairan apa pun minimal 2 liter per hari, terutama air.

3. Minumlah teh hangat

Salah satu cara sederhana untuk tetap sehat di waktu  musim batuk dan flu adalah minum teh hangat, teh hitam atau hijau dengan lemon dan madu. Tanpa Anda sadari, minum teh dan menghirup uap teh bisa menstimulasi folikel rambut siliaris di hidung lebih efisien dalam menghilangkan kuman atau bakteri yang akan masuk ke tubuh Anda. Penambahan lemon pada teh yang Anda buat bisa menghilangkan lendir, sementara madu bersifat antibakteri.


Selain itu, Anda juga dapat mencoba mengonsumsi yogurt saat sarapan karena sebuah penelitian pada tahun 2011 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi probiotik melalui suplemen atau makanan fermentasi (seperti yogurt, kefir, dan kimchi) memiliki risiko lebih rendah untuk infeksi pernapasan.

4. Cuci tangan Anda dengan sabun

Salah satu cara sederhana untuk tetap sehat di musim batuk dan flu adalah dengan menggunakan masker dan tidak berjabat tangan dengan orang yang sakit karena Anda pasti tahu bahwa biasanya, orang yang batuk dan bersin akan menutup mulut mereka dengan kedua tangan. Untuk alasan ini, hindari berjabatan tangan dengan orang yang menderita batuk atau pilek untuk mencegah penularan batuk dan pilek.

Atau, biasakan mencuci tangan dengan sabun karena kebiasaan mencuci tangan sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Terlebih lagi, ketika Anda bersentuhan dengan orang sakit, sangat disarankan agar Anda mencuci tangan dengan sabun untuk menghilangkan kuman atau bakteri di tangan Anda. Dan jika Anda benar-benar tidak bisa mendapatkan sabun dan air, Anda dapat menggunakan pembersih tangan yang juga dapat membunuh kuman atau bakteri batuk dan pilek.

5. Jangan biasakan untuk memegang hidung atau mata Anda

Anda pasti tahu bahwa virus flu bisa masuk ke tubuh melalui mata dan hidung. Jadi, jika Anda tidak dianjurkan menyentuh wajah Anda terutama mata atau hidung karena Anda tidak tahu apakah Anda menderita batuk atau pilek di tangan Anda. Jika Anda menyentuh wajah Anda terutama mata atau hidung, maka Anda dapat menularkan virus batuk atau pilek ke tubuh Anda. Dengan tidak menyentuh hidung atau mata, Anda dapat mengurangi kemungkinan tertular batuk atau pilek. 



Nah, itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga badan anda tetap fit di dalam cuaca pancaroba, semoga dengan sedikit tips di atas dapat membantu anda semua. apabila bermanfaat jangan lupa share ya....

LihatTutupKomentar